MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Membentuk Mahasiswa Kritis, Aktif, dan Simpati melalui Mataf UMY 2024

Membentuk Mahasiswa Kritis, Aktif, dan Simpati melalui Mataf UMY 2024

YOGYAKARTA, IKOM RADIO – Setiap tahunnya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan acara pengenalan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru yang biasa disebut Masa Ta’aruf Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau disingkat dengan Mataf UMY.

 

Senin, 23 September 2024, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah menyelenggarakan Mataf yang bertempatkan di Sportorium UMY. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UMY. Pada tahun ini, Adi Jaya diamanahi menjadi Ketua Pelaksana Mataf UMY 2024.

 

Mataf UMY tahun ini mengangkat tema "Membangun Paradigma Kritis dan Jiwa Simpati Sebagai Representasi Anak Bangsa". Melalui tema tersebut, acara Mataf UMY di tahun ini menekankan untuk mencetak sosok mahasiswa yang bukan hanya menonjolkan sisi akademis, melainkan juga pribadi yang bersimpati terhadap sesama dan memperjuangkan keadilan.

 

Rangkaian acara Mataf UMY dibagi menjadi dua, yakni acara formal dan nonformal. Acara formal dibuka dengan penampilan Nuansa dan Jaran Abang yang memerankan beberapa profesi oknum yang sangat berpikir kapitalis tanpa menghiraukan keadilan dan lingkungan. Kemudian, acara memasuki sesi sambutan.

 

“Teman – teman hari ini adalah orang yang mampu menyuarakan kebenaran dan mengajak orang lain untuk menyuarakan kebenaran. ” ucap Adi dalam pidatonya.

 

Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP., IPM., ASEAN Eng selaku Rektor UMY juga memberikan sambutan kepada seluruh mahasiswa baru yang telah menjadi bagian dari keluarga besar UMY. Beliau juga memberikan pesan – pesan kepada mahasiswa yang akan mulai menjalankan kehidupan di kampus.

 

“Kuasailah beberapa ilmu, hard skill, dan juga bahasa. Karena bahasa akan membuka jendela dunia buat kalian semua. Sehingga kalian akan menjadi sarjana yang siap untuk memasuki dunia kerja. Bukan hanya menjadi penonton tapi menjadi pemain.” Pesan Rektor UMY melalui sambutannya.

 

Tidak hanya mereka, beberapa sambutan juga diberikan diantaranya oleh; Siti Mauliyani selaku PresMa BEM KM UMY, Reza Athabi Zayeed selaku Ketua KorKom IMM UMY, dan  Dr. H. Agung Danarto, M.Ag, selaku Ketua Badan Pembina Harian UMY. 

 

Kemudian acara memasuki sesi penyematan almamater oleh Rektor UMY dan Ketua BPH UMY. Setelah itu, simbolis penyerahan donasi Palestina dan Pembacaan Komitmen Kampus. Berakhirlah sesi acara formal dan mulai memasuki sesi nonformal.

 

Sesi nonformal diisi oleh dua acara utama, yakni pementasan UKM di UMY dan Talkshow oleh dua pemateri yang penuh ceria. Berbagai UKM yang melakukan pementasan diantaranya UKM Sentaka Mudya, UKM Tapak Suci, UKM Drum Corps, UKM Musik, dan UKM SSV. Para mahasiswa baru bersorak sorai untuk setiap UKM yang telah mementaskan dengan sangat seru dan keren.

 

Talkshow yang dibawakan dalam acara tersebut meliputi dua pembicara yang berbeda, yakni Fathia Fairuza dan Anindhytha Arsa. Paranta Salsabila akan menjadi MC sekaligus Moderator sesi acara kali ini.

 

Fathia Fairuza merupakan seorang public figure yang suka membuat konten di media sosial mengenai dunia perkuliahan dan hak asasi manusia baik dalam maupun luar negeri. Pada talkshow kali ini, ia membawakan materi mengenai HAM dan Palestina. Anindhytha Arsa merupakan seorang influencer di media sosial yang sering membahas berbagai topik di Indonesia. Pada acara kali ini, ia membawakan materi mengenai influencer. Banyak mahasiswa baru yang antusias bertanya pada sesi tanya jawab.

 

Setelah acara pemateri, acara memasuki penampilan flashmob oleh panitia yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Terakhir, Acara ditutup dengan pementasan UKM Musik.

 

IKOMERS penasaran banget gak sih sama Mataf tahun depan yang gak kalah seru? Stay tune terus website kita ya! (RIM)

Komentar

Request Dimari Yuk!!!