MaN4MWBcLWt6MGFbMqR6MGV8MTcsynIkynwdxn1c
Mataf Fisipol UMY 2024 sebagai Upaya Membentuk Kesadaran ilmu dan sosial pada Mahasiswa Baru dengan Berbagai Inovasi

Mataf Fisipol UMY 2024 sebagai Upaya Membentuk Kesadaran ilmu dan sosial pada Mahasiswa Baru dengan Berbagai Inovasi

YOGYAKARTA, IKOM RADIO – Sebagai bentuk penyambutan dan pengenalan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau disingkat FISIPOL, setiap tahunnya diadakan Mataf Fisipol. 


Pada Selasa, 24 September 2024, Mataf Fisipol UMY tahun 2024 dilaksanakan di area bawah Masjid KH Ahmad Dahlan UMY. Tahun ini, Raden Ambara Arya Wibisana diamanahkan menjadi Ketua Pelaksana Mataf Fisipol UMY 2024.

 

Tahun ini, Mataf Fisipol UMY merilis tema "Membangun Spirit Intelektual dan Jiwa Sosial Generasi Muda Mendunia Guna Menyinari Peradaban". Bukan tanpa alasan tema tersebut dipilih. Dalam sambutannya, Arya berharap tema ini mampu menjadi jawaban dari persoalan mahasiswa baru dalam menghadapi masa transisi di dunia perkuliahan. Mengingat, pentingnya peran mahasiswa sebagai agent of change bagi masyarakat.

 

Acara Mataf Fisipol UMY tahun ini diawali dengan Penyambutan Tari Golek Ayun-Ayun oleh Sentaka Mudya. Kemudian. acara memasuki sesi pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan berbagai sambutan perwakilan, diantaranya; Ketua Pelaksana, Ketua IMM, Gubernur BEM Fisipol, Dekan Fisipol, dan Bupati Kabupaten Bantul.

 

Melalui sambutannya, Arya menjelaskan bahwa Mataf Fisipol tahun ini mengajukan beberapa inovasi yang mulai dilaksanakan tahun ini.

 

“Alhamdulillah pada tanggal 6 sampai 17 September Arasha Muda telah berhasil melaksanakan action plan bernama Fisipol Tebar Makna yang berkolaborasi dengan 15 sekolah dasar atau melibatkan sekitar 1639 siswa SD dan 2 kelurahan,” cakap Arya.

 

“Sebagai penutup rangkaian, kita akan melaksanakan inovasi baru yang dinamakan Gebyar Satu Fisipol Bangga. Selain untuk menanamkan jiwa kebanggaan dan kecintaan terhadap fakultas, ini juga menjadi wadah untuk mengaktualisasikan ragam potensi baik akademis maupun non-akademi. Nanti bakal dihadiri oleh 14 tenant organisasi, lembaga, maupun BSO dari Fisipol”, Tambahnya.

 

Dr. Takdir Ali Mukti S.Sos., M.Si, selaku Kepala Dekan Fisipol UMY juga memberikan beberapa pesan untuk para mahasiswa baru yang akan memasuki dunia perkuliahan.

 

“Jagalah vitalitas anda. Buanglah kemalasan, karena musuh utama generasi muda jaman digital ini adalah kemalasan karena magar dengan HP. Jangan menjadi budak teknologi, teknologi adalah alat untuk mempermudah hidup kita. Tapi jika kita diperbudak oleh teknologi itu, masa depan anda bukan milik anda, tapi menjadi milik penjual teknologi”, seru beliau dengan tegas.


Kemudian acara memasuki sesi peresmian acara Mataf Fisipol UMY tahun 2024 secara simbolis yang dipimpin oleh Kepala Dekan Fisipol UMY. Setelah itu, acara mulai memasuki pengenalan berbagai organisasi dan lembaga di Fisipol UMY. Tak lupa juga dengan acara Sosialisasi Dekanat FIsipol oleh Bu Ratih agar mahasiswa baru dapat mengetahui tata tertib dalam lingkungan kampus. Acara tersebut juga menghadirkan talkshow yang dibawakan dalam acara tersebut dibawakan oleh Iqbal Khatami.

 

Setelah talkshow, para Arasha Muda keluar menuju area lapangan bintang. Acara memasuki sesi stand – stand tenant setiap organisasi, lembaga, dan BSO dari setiap prodi di Fisipol. Sebagai penutup, acara mulai menuju penampilan musik dari Aish Band dan flashmob oleh panitia yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru.

  

IKOMERS penasaran banget gak sih sama Mataf tahun depan yang gak kalah seru? Stay tune terus website kita ya!

Komentar

Request Dimari Yuk!!!